Senin, 18 Januari 2016

Penyembelihan Hewan

TUGAS PORTOFOLIO PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
[PENYEMBELIHAN KORBAN]


Nama : Via Oktantri
Kelas : IX B 

Ketentuan Penyembelihan Hewan

  • Pengertian Penyembelihan Hewan
Menurut bahasa menyembelih artinya baik dan suci, hewan yang disembelih sesuai dengan aturan syara’ menjadikan hewan yang disembelih itu baik dan suci serta untuk dimakan. Menyembelih menurut istilah adalah mematikan atau melenyapkan roh hewan dengan cara memotong saluran napas dan saluran makanan serta urat nadi utama di lehernya dengan alat-alat yang tajam sesuai dengan ketentuan syara’, selain tulang dan kuku agar halal dimakan.
  • Rukun dan Sayarat Penyembelihan Hewan
a. Penyembelih
  1. Beragama islam atau ahli kitab
  2. Balig dan bberakal
  3. Menyebut nama Allah Swt.
  4. Menyembelih dengan sengaja
b. Hewan yang Disembelih
    1. Binatang yang akan disembelih masih dalam keadaan hidup
    2. Binatang yang akan disembelih adalah binatang yang halal, baik zat maupun cara memperolehnya
c. Alat yang Digunakan Menyembelih
    1. Benda tajam dan dapat melukai
    2. Benda tersebut terbuat dari batu, bambu, besi, dan benda logam lainnya
    3. Benda tersebut tidak terbuat dari kuku, gigi, dan atau tulang

Tata Cara Penyembelihan Hewan

a. Cara Menyembelih Binatang dengan Cara Tradisional
    1. Siapkan terlebih dahulu lubang penampung darah
    2. Siapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk menyembelih
    3. Binatang yang akan disembelih dibaringkan menghadap kiblat, lambung kiri bawah
    4. Leher binatang yang akan disembelih diletakkan di atas lubang penampung darah yang telah disiapkan
    5. Kaki binatang yang akan disembelih dipegang kuat-kuat, kepalanya ditekan ke bawah
    6. Mengucap basmallah, kemudian alat penyembelihan digoreskan pada leher binatang yang disembelih
b. Cara Menyembelih Binatang secara Mekanis
    1. Mempersiapkan peralatan terlebih dahulu
    2. Memasukkan hewan ke dalam ruangan yang sudah dipenuhi gas sehingga hewan tersebut tidak sadarkan diri dan pingsan
    3. Dengan mengucap basmallah, binatang yang telah pingsan tersebut disembelih dengan alat penyembelihan yang sudah disiapkan sebelumnya,
    4. Penyembelihan binatang dengan alat mekanis dibolehkan dan halal dagingnya, asalkan memenuhi persyaratan dalam penyembelihan
c. Kewajiban dalam Menyembelih Binatang
  1. Hendaknya binatang itu dipotong/disembelih pada pangkal leher bagian bawah
  2. Yang dipotong adalah bagian tenggorokan bintang yaitu jalan pernapasan
  3. Selain tenggorokan harus juga dipotong kerongkongan yang merupakan jalan makanan
  4. Pada waktu penyembelihan harus menyebut nama Allah Swt.
d. Sunah dalam Menyembelih Binatang
    1. Binatang dihadapkan ke kiblat
    2. Menyembelih pada bagian pangkal leher binatang
    3. Menggunakan alat yang tajam agar dapat mengurangi kadar sakit
    4. Memotong dua urat yang ada di kiri kanan leher agar cepat mati
    5. Membaca basmallah
    6. Membaca selawat nabi
    7. Mempercepat proses matinya
e. Hal-hal yang Dimakruhkan ketika Menyembelih
  1. Menyebelih dengan alat tumpul
  2. Memukul binatang waktu akan menyebelih
  3. Memutuskan lehernya sebelum binatang itu benar-benar mati

Sabtu, 16 Januari 2016

Penerapan Ideologi Pada Segi Ekonomi, Politik, dan Hukum

Penerapan Ideologi pada Segi Ekonomi, Politik, dan Hukum

Pengertian Ideologi

    Ideologi merupakan istilah yang berasal dari Yunani. Terdiri dari dua kata, idea dan logi. Idea artinya melihat (idean), dan logi berasal dari kata logos yang berarti pengetahuan atau teori. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ideologi adalah hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori. Ideologi dapat pula diartikan sebagai suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (kejadian) yang memberikan arah tujuan untuk kelangsungan hidup.
    Pengertian dari ideologi ini juga juga dimaknai berbeda-beda oleh beberapa pakar. Pengertian ideologi oleh para ahli diantaranya adalah:
  • Karl Marx mendefinisikan ideologi sebagai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial ekonomi.
  • Lanur menyatakan bahwa ideologi bisa dimasukkan dalam kategori pengetahuan yang subjektif.
  • Carl J. Friederich mendefinisikan ideologi sebagai suatu sistem pemikiran yang dikaitkan dengan tindakan.
  • C.C Rodee menyatakan bahwa ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi politik dan pelakunya.

Penerapan Pancasila pada Bidang Ekonomi

  Dalam konsep kita, pembangunan nasional adalah pengamalan Pancasila. Pembangunan ekonomi kita pun harus berlandaskan pancasila, sebagai dasar, tujuan dan pedoman dalam penyelenggaraannya. Dengan dasar pemikiran tersebut, maka system ekonomi yang ingin kita bangun adalah sistem ekonomi Pancasila.
    Sistem ekonomi diartikan sebagai kumpulan dari institusiyang terintegrasi dan berfungsi serta beroperasi sebagai suatu kesatuanuntuk mencapai suatu tujuan (ekonomi) tertentu. Institusi disini siartikan sebagai kumpulan dari norma-norma,peraturan atau cara berfikir. Dalam pengertian institusi ini juga diartikan juga termasuk institusi ekonomi seperti rumah tangga, pemerintah, kekayaan, uang, serikat pekerja dan lain-lain.
   Sedangkan yang dimaksud dengan sisitem ekonomi Pancasila adalah system ekonomi pasar yang terkeloladan kendali pengelolaannya adalah nilai-nilai Pancasila. Atas dasar itu , maka ekonomi Pancasila tidak semata-mata bersifat materialistis, karena berlandaskan pada keimanan dan ketaqwaan yang timbul dari pengakuan kita pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan demikian system ekonomi Pancasila dikendalikan oleh kaidah-kaidah moral dan etika, sehingga pembangunan nasional bangsa Indosesia adalah pembangunan yang berakhlak. Jika dilihat dari sila Pancasila, sila tiga dan empat maka dapat diketahui bahwa :
  • Sila persatuan Indonesia mengamanatkan kesatuan ekonomi sebagai penjabaran wawasan nusantaradi bidang ekonomi. Ekonomi Pancasila dengan demikian berwawasan kebangsaan dan tetap membutuhkan sikap patriotic meskipun kegiatannya sudah mengglobal.
  • Sila keempat pada Pancasila menunjukkan pandangan bangsa Indonesia mengenai kedaulatan rakyat dan bagaimana demokrasi dijalankan di Indonesia.
  • Sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menunjukkan betapa seluruh upaya pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya kemakmuran yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam sistem ekonomi yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan pada asas kekeluargaan.
    Menurut ISEI, di dalam sistem ekonomi yang berlandaskan Demokrasi Ekonomi, usaha negara, koperasi, dan usaha swasta dapat bergerak di dalam semua bidang usaha sesuai dengan peranan dan hakikatnya masing-masing. Dalam konsep itu usaha berperan sebagai :
  1. Perintis di dalam penyediaan barang dan jasa di bidang-bidang produksi yang belum cukup atau kurang merangsang prakarsa dan minat penguasa swasta;
  2. Pengelola dan pengusaha di bidang-bidang produksi yang penting bagi negara;
  3. Pengelola dan pengusaha di bidang-bidang produksi yang mnguasai hajat hidup orang banyak;
  4. Imbangan bagi kekuatan pasar pengusaha swasta;
  5. Pelengkap penyediaan barang dan jasa yang belum cukup disediakan oleh swasta dan koperasi, dan
  6. Penunjang palaksanaan kebijakan negara.
    Namun, yang menjadi tantangan kita sekarang adalah bagaimana membangun usaha swasta agar dapat memotori ekonomi kita dalam memasuki era perdagangan bebas. Pilar Sistem Ekonomi Pancasila meliputi:
  1. ekonomika etik dan ekonomika humanistik (dasar),
  2. nasionalisme ekonomi & demokrasi ekonomi (cara/metode operasionalisasi), dan 
  3. ekonomi berkeadilan sosial (tujuan).
   Kontekstualisasi dan implementasi Pancasila dalam bidang ekonomi cukup dikaitkan dengan pilar-pilar di atas dan juga dikaitkan dengan pertanyaan-pertanyaan dasar yang harus dipecahkan oleh sistem ekonomi apapun. Pertanyaan-pertanyaan itu adalah:
  1. Barang dan jasa apa yang akan dihasilkan dan berapa jumlahnya;
  2. Bagaimana pola atau cara memproduksi barang dan jasa itu, dan;
  3. Untuk siapa barang tersebut dihasilkan, dan
  4. Bagaimana mendistribusikan barang tersebut ke masyarakat.
   Rendahnya upaya dan kemamuan untuk menafsirkan Pancasila dalam bidang ekonomi yang lebih banyak berkiblat ke kapitalisme; Tidak ada keteladanan; Kebijakan pemerintah sendiri menyimpangi Pancasila; Social punishment & law enforcement yang rendah.
    Langkah yang perlu dilakukan adalah perlu digalakkan kembali penanaman nilai-nilai Pancasila melalui proses pendidikan dan keteladanan. Perlu dimunculkan gerakan penyadaran agar ilmu ekonomi ini dikembangkan ke arah ekonomi yg humanistik, bukan sebaliknya mengajarkan keserakahan & mendorong persaingan yang saling mematikan utk memuaskan kepentingan sendiri . Ini dilakukan guna mengimbangi ajaran yg mengedepankan kepentingan pribadi, yang melahirkan manusia sebagai manusia ekonomi (homo ekonomikus), telah melepaskan manusia dari fitrahnya sebagai makhluk sosial (homo socius) dan mahluk beretika (homo ethicus).

Peranan Ideologi Pancasila pada Bidang Politik Hukum

  Implementasi Ideologi Pancasila dalam Parpol di Indonesia Partai politik di Indonesia harus bertujuan sesuai dengan cita-cita dan tujuan nasional yang diamanatkan Pembukaan UUD 1945. Pedoman yang perlu dijadikan pegangan dalam kehidupan partai politik adalah :
  • Mengaktualisasikan kebersamaan dalam kemajemukan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.
  • Penyampaian aspirasi rakyat dan segenap perilaku partai politik harus menjamin tegaknya keselarasan dan kerukunan serta budi luhur. Penyampaian aspirasi rakyat melalui partai politik harus sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
  • Segenap perilaku partai politik selalu bersendi pada keputusan bersama yang mengikat dan mengandung sanksi terhadap penyimpangan penyalahgunaan kekuasaan dan wewenang. 
  • Program partai politik harus mengarah pada kokohnya Pancasila sebagai dasar negara, utuh dan kuatnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berpemerintahan presidensial dan bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika.
    Contoh Sikap Positif Politik Dalam bidang politik, kita harus mewujudkan perilaku, antara lain:
  • Menampilkan perilaku politik sesuai Pancasila;
  • Menghindari sikap dan perilaku yang memaksakan pendapat dan ingin menang sendiri;
  • Penyelenggara negara dan warga negara mewujudkan nilai ke tuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, serta kerakyatan dan ke adilan dalam kehidupan sehari-hari;
  • Menghindari sikap menghalang-halangi orang yang akan ber partisipai dalam kehidupan demokrasi;
  • Meyakini bahwa nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai nilai yang terbaik dan sesuai untuk bangsa Indonesia serta tidak melecehkannya.
    Langkah yang dapat dilakukan untuk membudayakan nila-nilai pancasila yaitu bahwa perlu segera dikeluarkan peraturan perundang-undangan yang memberikan dasar operasional pelaksanaan pendidikan Pancasila pada semua jenjang dan jenis pendidikan. Khusus untuk pendidikan tinggi, sesudah dikeluarkan UU PT No. 12 Tahun 2012 , Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan perlu segera menerbitkan peraturan perundangan yang berisi rambu-rambu perkuliahan Pancasila. Perlu disusun program aksi melaksanakan revolusi hukum Indonesia. Pemimpin negara wajib sebagai advokator Pancasila. Untuk memasyarakatkan nilai Pancasila, peserta kongres setuju membentuk Masyarakat Studi Pancasila.

Implementasi Pancasila dalam bidang politik
    Derasnya arus globalisasi yang melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia sehingga tidak sedikit permasalahan yang telah memasuki cara pandang dan cara berfikir masyarakat Indonesia, misalnya gelombang demokratisasi, hak asasi manusia, neo-liberalisme, serta neo-konservatisme dan globalisme. Hal demikian bisa meminggirkan pancasila dan dapat menghadirkan sistem nilai dan idealisme baru yang bertentangan dengan kepribadian bangsa.
    Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.
Hukum adalah seperangkat peraturan tingkah laku yang berisi perintah/ anjuran, larangan, dan ada sanksi (upaya pemaksa) bagi para pelanggarnya.

Pokok-Pokok Hukum Revolusi
  • revolusi hukum harus dimulai dengan identifikasi terhadap hukum-hukum yang cacat ideologis
  • revolusi hukum memihak kepada rakyat dengan menekankan kepada keadilan sosial
  • revolusi hukum merupakan simponi dekonstruksi dan rekonstruksi yang berjalan dalam keteraturan dan kedamaian sebagai gerakan nasional
  • revolusi hukum mempunyai pentahapan.
  • revolusi hukum harus mempunyai program yang jelas dan tepat
  • revolusi hukum harus mempunyai soko guru dan pimpinan yang tepat, yang punya pandangan jauh ke depan, yang konsekuen, yang sanggup melaksanakan tugas-tugas revolusi sampai pada akhirnya, dan revolusi juga harus punya kader-kadernya yang tepat pengertiannya dan tinggi semangatnya.
Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum
    Segala bentuk hukum di Indonesia harus diukur menurut nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dan didalam aturan hukum itu harus tercermin kesadaran dan rasa keadilan yang sesuai dengan kepribadian dan falsafah hidup bangsa

Pancasila sebagai Etika Politik
    Hukum sebagai lembaga penata masyarakat yang normatif, kekuasaan Negara sebagai lembaga penata masyarakat yang efektif sesuai dengan struktur ganda kemampuan manusia (makhluk individu dan sosial). Jadi etika politik membahas hukum dan kekuasaan.
    Etika politik Indonesia tertanam dalam jiwa Pancasila. Pancasila juga sebagai suatu sistem filsafat pada hakikatnya merupakan suatu nilai sehingga merupakan sumber dari segala penjabaran dari norma baik norma hukum, norma moral maupun norma kenegaraan lainya.

Tujuan dari Etika Politik
  • Menumbuhkan suasana politik yang demokratis yang bercirikan keterbukaan, 
  • Rasa tanggung jawab, tanggap akan aspirasi rakyat, 
  • Menghargai perbedaan, jujur dalam persaingan, 
  • Ketersediaan untuk menerima pendapat yang lebih benar walau datang dari orang per orang ataupun kelompok orang, serta 
  • Menjunjung tinggi hak asasi manusia.
Fungsi Etika Politik
    Fungsi etika politik dalam masyarakat terbatas pada penyediaan alat-alat teoritis untuk mempertanyakan serta menjelaskan legitimasi politik secara bertanggung jawab

Prinsip Dasar Etika Politik Pancasila
  1. Pluralisme
  2. Hak Asasi Manusia
  3. Solidaritas Bangsa
  4. Demokrasi
  5. Keadilan Sosial
Tantangan Etika Politik
  • Kemiskinan, ketidakpedulian, Korupsi dan kekerasan social.
  • Ekstremisme ideologis yang anti pluralism, pertama-tama ekstremisme agama dimana mereka yang merasa tahu kehendak Tuhan merasa berhak juga memaksakan pendapat mereka pada masyarakat.

Nilai-nilai Terkandung Dalam Pancasila Sebagai Sumber Etika Politik
    Asas legalitas (legitimasi hukum). Di sahkan dan dijalankan secara demokratis (legitimasi demokratis). Dilaksanakan berdasarkan prinsip – prinsip moral / tidak bertentangan dengannya (legitimasi moral). Nilai adalah sesuatu yang berharga, berguna, memperkaya batin dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya.

Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk


 

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

    Pengertian iman kepada hari akhir (kiamat) secara umum adalah mempercayai dan menyakini bahwa seluruh alam semesta dan segala seisinya pada suatu saat nanti akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa setelah kehidupan iniakan ada kehidupan yang kekal yaitu akhirat.
    Pengertian iman kepada hari akhir/kiamat terbagi dua yaitu pengertian iman kepada hari akhir menurut bahasa dan pengertian hari akhir menurut istilah.Pengertian iman kepada hari akhir menurut bahasa (etimologi) adalahpercaya akan datangnya hari akhir/kiamat. Sedangkan Pengertian iman kepada hari akhir menurut istilah (terminologi) adalah
    Pengertian iman kepada hari akhir/kiamat terbagi dua yaitu pengertian iman kepada hari akhir menurut bahasa dan pengertian hari akhir menurut istilah.Pengertian iman kepada hari akhir menurut bahasa (etimologi) adalahpercaya akan datangnya hari akhir/kiamat. Sedangkan Pengertian iman kepada hari akhir menurut istilah (terminologi) adalah mempercayai dan menyakini akan adanya kehidupan yang kekal dan abadi setelah kehidupan ini.
    Sebelumnya Pengertian hari akhir/kiamat adalah hari kebinasaan atau kehancuran dunia dan seisinya. Pengertian hari akhir/kiamat juga terbagi dua yakni pengertian hari akhir menurut bahasa dan pengertian hari akhir menurut istilah. Pengertian hari akhir menurut bahasa (etimologi) adalah hari berakhirnya segala sesuatu yang ada dimuka bumi. Sedangkan pengertian hari akhir menurut istilah (terminologi) adalah peristiwa dimana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang akan membunuh semua makhluk didalamnya tanpa terkecuali.


Pengertian Hari Akhir

    Hari akhir adalah suatu masa atau kihidupan yang kekal sesudah kehidupan dunia yang fana; termasuk semua proses dan peristiwa yang terjadi pada hari itu, mulai dari kehancuran alam semesta dan seluruh isinya serta berakhirnya seluruh kehidupan (Qiyamah), kebangkitan seluruh umat manusia dari kubur (Ba’ats), dikumpulkannya seluruh umat manusia di padang Mahsyar (Hasyr), perhitungan seluruh amal perbuatan manusia di dunia (Hisab), penimbangan amal perbuatan tersebut untuk mengetahui perbandingan amal baik dan amal buruk (Wazn), sampai kepada pembalasan dengan surge atau neraka (Jaza).
    Pembahasan tentang hari akhir dimulai dari pembahasan tentang alam kubur, karena peristiwa kematian sudah merupakan kiamat kecil (Al-Qiyamah As-Sughra). Orang yang sudah meninggal dunia telah memasuki bagian dari proses Hari Akhir yaitu proses transisi dari kehidupan di dunia menuju kehidupan akhirat. Alam transisi tersebut dinamakan dengan Alam Barzakh.

Nama-nama Hari Akhir

Istilah atau nama-hari akhir yang terdapat dalam al-Qur’an diantaranya adalah:
a. Yaumul Qiyamah (Hari Kiamat) ( Q.S Az-Zumar [29]:60)
b. Yaumul Ba’ats ( Hari Kebangkitan) ( Q.S Ar-Rum [30]: 56)
c. Yaumul Hisab ( Hari Perhitungan) ( Q.S Al-Mukmin [40]: 27)
d. Yaumul Din(Hari Pembalasan) ( Q.S Al-Fatihai [1]:3)
e. Yaumul Fath ( Hari Kemenangan) ( Q.S As-Sajdah [32]: 29)
f. Yaumul Talaq (Hari Pertemuan) (Q.S Al-Mukminun [40]: 15-16)
g. Yaumul Jam’i ( Hari Berhimpun) (Q.S At-Taghabun [64]: 9)
h. Yaumut Taghabun ( Hari tersingkapnya kesalahan-kesalahan ) (Q.S At-Taghabun [64]: 9)
i. Yaumul Khulud ( Hari Kekekalan) (Q.S Qaf [50]: 34)
j. Yaumul Khuruj ( Hari Keluar ) (Q.S Qaf [50]: 42)
k. Yaumul Hasrah ( Hari Penyesalan ) ( Q.S Maryam [19]: 39)
l. Yaumut Tanad ( Hari Panggil-memanggil) ( Q.S Al-Mukmin [40]: 32)
m. Yaumul Fashl (Hari Keputusan) ( Q.S An-Naba [78]: 17)
n. As-Sa’ah ( Waktu) (Q.S Al-Qamar [54]: 1)
o. Al-Akhirah ( Akhirat ) (Q.S Al-‘Ala [87]: 16-17)
p. Al-Azifah ( Peristiwa Dekat) ( Q.S An-Najm [53]: 57)
q. At-Thammah ( Malapetaka Besar) ( Q.S An-Nazi’at [79]: 34)
r. As-Shaakhah ( Tiupan Sangkakala yang ke dua ) ( Q.S ‘Abasa [80]: 33)
s. Al-Ghasyiyah ( Kejadian yang menyelubungi) (Q.S Al-Ghasyiyah [88]: 1)
t. Al-Waqi’ah (Peristiwa Dahsyat) ( Q.S Al-Waqi’ah [56]: 1)
u. Yaumul haq, artinya hari yang pasti terjadi
v. Yaumul jaza, artinya hari pembalasan,
w. Yaumul mizan, artinya hari pertimbangan amal

Macam-macam Hari Akhir dan Tanda-tandanya

a. Qiyamat Sughra ( Kiamat Kecil)
    Qiyamat sughra adalah peristiwa yang terjadi pada alam termasuk manusia, seperti matinya seseorang; terpisahnya jasmani dengan rohani, atau peristiwa-peristiwa yang sering terjadi di sekeliling kita seperti gemba bumi, banjir, longsor dan peristiwa-peristiwa lainnya yang dapat menimbulkan kematian hanya sebagian makhluq.

    1) Tanda-tanda Kiamat Sughra
           a) Diutusnya nabi Muhammad Saw sebagai nabi terakhir.
               Rasulullah Saw bersabda:
بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَاشَارَ بِالسَّبَابَةِ وَالوُسْطَى (رواه البخارى ومسلم والترميذى )
Artinya : “Jarak diutusnya aku dengan hari kiamat itu hanya seperti dua jari ini (sambil menunjukan jari telunjuk dan jari tengah).” ( HR. Bukhari, Muslim dan Tirmizi)
Dari hadits di atas, maka bisa dipahami bahwa datangnya kiamat sudah dekat.
        b) Penggembala kambing berlomba dalam kemegahan bangunan
        c) Lenyapnya ilmu pengetahuan agama, meluasnya kebodohan.
            Rasulullah Saw bersabda :
اِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ اَنْ يُرْفَعَ العِلْمُ وَيَثْبُتُ الجَهْلُ وَيُشْرَبُ الخُمْرُوَيَظْهَرَ الزِّنَا (رواه البخارى )
Artinya : “ Di antara tanda-tanda kiamat adalah lenyapnya ilmu, meluasnya kebodohan, banyak diminumya khamr, dan perzinaan terjadi secara terang-terangan ( HR. Bukhari (
        d) Merajalelanya minuman khamr dan praktek perzinaan yang terang-terangan

b. Qiyamat Kubra ( Kiamat besar)
    Kiamat kubra adalah hancurnya alam semesta dengan segala isinya termasuk bumi, langit, matahari, bintang dan planet-planet kehilangan gaya gravitasi sehingga saling bertabrakan.
    1) Tanda-tanda Kiamat Kubra
        a) Terbitnya matahari dari arah barat
        b) Lenyapnya al-Qur’an
        c) Munculnya Ya’juj dan Ma’juj
        d) Munculnya Dajjal
        e) Rusaknya Ka’bah
        f) Keluarnya binatang ajaib yang bisa berbicara

Perilaku yang Mencerminkan Beriman kepada Hari Akhir

1. Membayar amal
2. Membuang samaph pada tempatnya
3. Membaca Al-Qur’an dan maknanya
4. Memberi sedekah pada orang-orang yang kurang mampu
5. Shalat 5 waktu
6. Shalat tahaju di sepertiga malam
7. Shalat jama’ah dimasjid maupun dimushola
8. Berdzikir
9. Berkumpul dengan orang-orang shaleh
10. Tidak mengejek teman
11. Tidak memukul teman
12. Tidak menggunjing teman
13. Tidak berbicara kotor
14. Tidak meminum-minuman keras
15. Tidak menyekutukan allah dan utusan-utusannya
16. Hormat kepada bapak/ibu guru
17. Hormat kepada orang tua
18. Tidak bebuat zina
19. Shalat tepat waktu
20. Menjalankan ibadah puasa sesuai ketentuan
21. Tidak menggunakan narkoba
22. Memakan makanan yang baik dan halal
23. Memakai baju yang menutupi aurot
24. Menghadapi cobaan dari allah dengan lapang dada
25. Berdoa agar diselamatkan di akhirat

Proses dan Peristiwa Hari Akhir

  • Alam Kubur /Alam Barzakh.
    Alam kubur bukan semata kuburan, tapi alam yang dimasuki oleh seseorang yang meninggal dunia, apakah dia dkubur ataupun tidak dikubur. Jadi tidak ada yang bisa terlepas, atau bebas dari alam kubur. Alam Kubur dikenal juga dengan Alam Barzakh, yaitu alam pembatas antara alam kehidupan dunia dengan akhirat. Atau tempat manusia setelah mati sebelum mereka dibangkitkan dari kubur. Atau alam keempat ( alam ruh – alam rahim – alam dunia – alam barzakh – alam akhirat )yang pasti dialami oleh setiap manusia.
    Setelah seseorang memasuki Alam Kubur, dia akan ditanya oleh Malaikat Munkar dan Nakir tentang Tuhan, Agama dan Nabi-Nya. Yang menentukan bisa atau tidaknya seseorang menjawab pertanyaan tersebut adalah iman dan amal shalehnya selama hidup di dunia.
    Setiap orang yang lulus dalam ujian alam kubur akan merasakan kenikmatan, sebaliknya yang tidak lulus akan merasakan adzab dan penderitaan. Kenikmatan atau siksa yang diberikan kepada seseorang di alam kubur, akan dirasakan oleh roh dan badannya juga.
  • Kiamat
Al-Qur’an Surat Al-‘Araf [7] ayat 187.
يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللهِ وَلَـكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ -١٨٧-
Artinya : Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhan-ku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” ( Q.S Al-‘Araf [7]: 187)
    Kiamat adalah hancurnya alam semesta dengan diawali tiupan sangkakala pertama. Bumi bergoncang, gunung-gunung meletus, air laut mendidih kemudian meluap, langit terbelah kemudian ambruk, manusia beterbangan seperti anai-anai. Suatu gambaran peristiwa sang sungguh mengerikan, namun kedatangannya tidak bisa dihindari, sementara pintu taubat sudah tertutup. Semua manusia mati.
Allah Swt berfirman dalam Surat Al-Zilzalah ayat 1-7.
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا -١- وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا -٢- وَقَالَ الْإِنسَانُ مَا لَهَا -٣- يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا -٤- بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا -٥- يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتاً لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ -٦- فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْراً يَرَهُ -٧- وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرّاً يَرَهُ -٨-
Artinya : Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?” Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya, karena sesungguhnya Tuhan-mu telah memerintahkan (yang demikian itu) padanya. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya. Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (ba-lasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)Nya. (Q.S Al-Zalzalah [99]: 1-7)
  • Ba’ats
    Setelah manusia mati, kemudian masuk fase berikutnya yaitu fase kebangkitan atau yaumul ba’ats, dimana semua manusai bangkitkan dari alam kubur. Hal itu ditandai dengan tiupan sangkakala yang kedua.
Pada saat manusia dibangkitkan, orang-orang kafir munafiq berkata :
قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَن بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ -٥٢-
Artinya: Mereka berkata, “Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?” Inilah yang Dijanjikan (Allah) Yang Maha Pengasih dan benarlah rasul-rasul(-Nya). (Q.S Yasin [36]: 52)
    Padahal pada saat hidup mereka beranggapan bahwa hidup hanya di dunia saja, dan tidak akan dibangkitkan. Allah Swt berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-An’am ayat 26 :
وَقَالُواْ إِنْ هِيَ إِلاَّ حَيَاتُنَا الدُّنْيَا وَمَا نَحْنُ بِمَبْعُوثِينَ -٢٩-
Artinya : Dan tentu mereka akan mengatakan (pula), “Hidup hanyalah di dunia ini, dan kita tidak akan dibangkitkan.” ( Q.S Al-An’am [6]: 29)
  • Mahsyar
    Setelah manusia dibangkitkan, semua umat manusia akan berkumpul di padang Mahsyar, untuk menunggu perhitungan (Hisab) amal perbuatan mereka di dunia. Pada saat itu keadaan manusia akan berbeda-beda, sesuai dengan perbedaan amalnya di dunia.
    Sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, bahwa pada hari nanti manusia terbagi pada tiga golongan. 1. Golongan manusia yang berjalan, 2. Golongan manusia berkendaraan. 3. Golongan manusia berjalan dengan mukanya.
    Keadaan pada saat itu (Mahsyar) sangat sulit, sangat panas, dan masing-masing mengurusi dirinya sendiri. Semua ingin terbebas dari situasi Mahsyar dan ingin segera cepat-cepat di hisab dan diberi keputusan, apakah akan masuk sorga atau masuk neraka. Pada saat itulah mereka meminta syafaat kepada para nabi dan rasul terdahulu, namun hanya nabi Muhammad Saw yang bersedia memintakan syafaat Allah Swt agar segera diadakan putusan dan penetapan seluruh makhluk, agar mereka cepat terbebas dari kesengsaraan yang diderita di padang Mahsyar.
  • Hisab dan Mizan (Perhitungan dan Penimbangan)
    Perhitungan amal perbuatan manusia sesuai dengan “kitab” yang berisi catatan amal perbuatan mansuia, kitab tersebut diberikan kepada seluruh manusia.
Ada manusia yang menerima kitab dari sebelah kanan, dan ada juga yang menerima kitab dari sebelah kiri. Sesuai dengan firman Allah Swt pada Surat Al-Insyiqaq [84] ayat 7-12.
فَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ -٧- فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَاباً يَسِيراً -٨- وَيَنقَلِبُ إِلَى أَهْلِهِ مَسْرُوراً -٩- وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ وَرَاء ظَهْرِهِ -١٠- فَسَوْفَ يَدْعُو ثُبُوراً -١١- وَيَصْلَى سَعِيراً -١٢-
Artinya: Maka adapun orang yang catatannya diberikan dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada keluarganya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. Dan adapun orang yang catatannya diberikan dari sebelah belakang, maka dia akan berteriak, “Celakalah aku!” Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). Setelah amal perbuatan manusia dihitung kemudian dilakukan penimbangan. Orang yang berat timbangan kebaikannya maka masuk surga.
  • Pembalasan ( jaza)
    Setelah penimbangan dan melalui as-shirath, maka setiap orang akan merasakan pembalasan dari Allah Swt. sesuai dengan hasil penimbangannya. Siapa yang amal kebaikannya lebih berat dari amal kejahatannya maka dia akan langsung masuk sorga tanpa harus merasakan dulu siksa Allah Swt. di neraka.
فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ -٦- فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَّاضِيَةٍ -٧- وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ -٨- فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ -٩-
    Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang). Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. ( Q.S. Al-Qari’ah [101]: 6-9)
    Sebaliknya siapa yang amal kejahatannya lebih banyak dari amal baiknya dia akan masuk neraka. Kalau dia orang yang beriman dan tidak mempersekutukan Allah Swt. maka setelah masa hukumannya di neraka dia akan dikeluarkan dan dimasukan ke dalam sorga. Sebaliknya bagi orang-orang kafir atau orang-orang musyrikin, mereka akan kekal di dalam neraka selama-lamanya. Sedangkan orang-orang yang beriman yang berada di sorga, mereka akan kekal di sorga selama-lamanya.
  • Surga dan Neraka
    Surga adalah suatu tempat di alam akhirat yang penuh keindahan dan kenikmatan di dalamnya dan bersfat kekal. Surga disediakan untuk orang-orang yang beriman kepada Allah Swt.dan beramal shaleh.
Neraka adalah suatu tempat di alam akhirat yang disediakan untuk orang-orang yang inkar kepada Allah Swt. Mereka itulah orang-orang kafir, musyrik, fasiq. Siksa terhadap mereka sangat keras, pedih dan kekal.

Balasan Amal Baik dan Amal Buruk 

  • Balasan amal baik
Bila kita berbuat amal baik kita akan mendapat ganjaran dan masuk surga. Bila kita disurga kita merasa tenang disana. Ini adalah gambaran disurga :
    1. Di dalam surga terdapat sungai-sungai dan mata air yang mengalir
    2. Luas surge seluas langit dan bumi
    3. Penghuni surga mempunyai istri yang suci
    4. Di dalam surga tidak merasa lelah
    5. Di dalam surga merasa bersaudara dan tidak ada perkataan yang sia-sia
    6. Salam adalah ucapan penghormatn di dalam surga
Berikut ini adalah nama-nama surga :
    1. Firdaus
    2. Ma’wa
    3. Khuldi
    4. Na’im
    5. ‘And
    6. Darussalam
    7. Darur Qarar
  • Balasan amal buruk
Apabila seseorang mengerjakan amal jelek (buruk) maka akan mendapatkan siksa dari Allah SWT dan akan dimasukkan ke dalam neraka. Gambaran neraka seperti di bawah ini :
    1. Minuman berupa air yang mendidih dan tidak melegakan
    2. Makanan berupa pohon yang berduri dan tidak mengenyangkan
    3. Dijaga oleh malaikat yang keras dan bengis
    4. Suara api neraka gemuruh, menakutkan, dan memekakkan telinga
    5. Manusia yang berdosa dan iblis menjadi kayu bakar
    6. Neraka adalah tempat kembali yang seburuk-buruknya
Nama-nama neraka :
    1. Jahanam
    2. Wail
    3. Huthamah
    4. Sa’ir
    5. Saqar
    6. Jahim
    7. Hawiyah

Hikmah Beriman kepada Hari Akhir

  1. Beriman kepada hari akhir, membuat seseorang akan disiplin dan berusaha maksimal untuk memahami ajaran Allah Swt.
  2. Gambaran sorga dan neraka, seseorang termotivasi untuk selalu taat kapada Allah Swt.agar mendapatka ridho dan balasan Allah Swt berupa surga, dan selalu berhati-hati dan penuh perhitungan agar tidak melanggar larangan Allah Swt.
  3. Dengan beriman kepada hari akhir, seseorang akan selalu diingatkan agar tidak lupa terhadap kewajiban dan tidak terlena dengan kesenangan dan kehidupan dunia.
  4. Dengan beriman kepada hari akhir, bisa menyadarkan manusia bahwa kehidupan di dunia adalah kehidupan sementara dan tidak kekal, suatu saat kehidupan dunia yang fana akan berakhir dan berlanjut pada kehidupan akhirat yang kekal dengan kondisi kehidupan sesuai dengan amal perbuatan waktu hidup di dunia.

Teks Tanggapan Kritis


TUGAS PROYEK
(MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS)
(DISUSUN SEBAGAI TUGAS INDIVIDU BIMBINGAN BAHASA INDONESIA)




di susun oleh 
Nama               : Via Oktantri
Kelas               : IXB 
No.absen         : 28



SMP NEGERI 1 SALAMAN
Jl.Pangeran Diponegoro, Salaman, Kab.Magelang, Jawa Tengah, KP.56162
Telp.(0293)335206, e-mail : spenasal_mgl@yahoo.com


2015

Jumat, 15 Januari 2016

Tembang Macapat


TEMBANG KINANTHI


Gancaran Tembang Kinanthi?
  1. Padha nglatih awake dhewe, ing kepekaan kang tajam. Aja tansah mangan turu, watak satriya kang digoleki. Latihna awakmu, kurangi mangan lan turu.
  2. Dadia tumindhakmu, cegah mangan lan turu. Lan aja foya-foya. Nganggoa sakcukupe. Ala watake wong kang seneng, kurangi ngati-ati batin.
  3. Yen wis ditakdirke dadi wong gedhe, aja sombong diri. Aja cedhak marang wong ala, kang ala tumindhake, ora mesti ngajak-ajak, saenggo nulari.
  4. Nadyan seko ngisor asale, yen kelakuane apik,utawa sugih carita (pengalaman), carita (pengalaman) iku bisa dadi conto. Iku pantes dicedhaki supaya mundhak ilmune.
  5. Yen wong enom wis mesti, manut marang kang diadhepi. Yen kang diadhepi akeh bangsat, mesti bisa dadi bangsat uga.Yen kang diadhepi iku maling, mesti bisa dadi maling.
  6. Senadyan ora melu, mesti weruh kelakuane maling,kaya mangkono uga. Gawean ala iku, sok weruh banjur bisa melu,iku panutane (ajarane) iblis.
  7. Gawean becik iku,gampang yen wis dilakoni, angel yen durung kelakon, males-malesan arep nglakoni, tur iku kudu dilakoni,manfaate gawe awake dhewe.
  8. Yen wong enom-enom iki, kang kanggo ing masa iki, rendah hati kang disimpar (disingkirke), senenge sombong dhiri, pamer kesombongane kang digedhe-gedheke, kumenthus (sok hiso) lan kumaki (sok tau).
  9. Sapa kowe sapa aku, sombong sarta njaluk sak kepenakke dhewe, iku aturane uga, nom-noman adoh wong apik, ora gelem krungu carita, carita ala kang dianggap apik.
  10. Carita kang wis kelakon gawean ala lan apik, kelakuan bener ala lan ora, kalebu ing njero carita (pengalaman), mulane jenenge carita, kabeh-kabeh kang den alami.
  11. Mulane wong enom iku, apik kang sregep, cedhak marang wong tuwa, ingkang sugih pengalaman/carita uga, pengalaman iku warna-warna, ana ala ana apik.
  12. Kang apik pengalamane, sira anggo wis mesthi, kang ala diguwang,aja sira nglakoni, lan den awas wong pengalaman iku, ana ing masa iki.

Example of Narrative Text


Snow White

    Once upon a time there lived a little, named Snow White. She lived with her aunt and uncle because her parents were died. 
    One day she heard her aunt and uncle talking about leaving Snow White in the castle because they wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White with them.
    Snow White didn’t want her uncle and aunt to do this. So she decided to run away. The next morning she run away from home when her aunt and uncle were having breakfast, she run away into the wood.
    In the wood she felt very tired and hungry. Then she saw this cottage. She knocked but no one answered so she went inside and felt asleep
    Meanwhile seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There, they found Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said; “What is your name?”. Snow White said; “My name is Snow White”. One of the dwarfs said; “If you wish, you may live here with us”. Snow White told the whole story about her. Then Snow white ad the seven dwarfs lived happily ever after.


The Bear and Rabbit

    Once upon a time, there lived a bear and a rabbit. The rabbit is a good shot. In contrary, the bear is always clumsy and could not use the arrow.
    One day, the bear called over the rabbit and asked the rabbit to take his bow and arrows.
The rabbit was fearing to arouse the bear's anger so he could not refuse it. He went with the bear and shot enough buffalo to satisfy the hungry family. Indeed he shot and killed so many that there were lots of meats left after.
    However the bear did not want the rabbit to get any of the meat. The rabbit could not even taste the meat. The poor rabbit would have to go home hungry after his hard day's work.
    The bear was the father of five children. Fortunately, the youngest child was very kind to the rabbit. He was very hearty eater. The mother bear always gave him an extra large piece of meat but the youngest child did not eat it. He would take it outside with him and pretended to play ball with the meat. He kicked toward the rabbit's house. When he got close to the door he would give the meat with such a great kick. The meat would fly into the rabbit's house. In this way, the poor rabbit would get his meal.


The Legend of Toba Lake 

    Once upon time, there was a handsome man. His name was Batara Guru Sahala. He liked fishing. One day, he caught a fish. He was surprised to find out that the fish could talk. The fish begged him to set it free.
    Batara Guru could not bear it. He made the fish free. As soon as it was free, the fish changed into a very beautiful woman. She attracted Batara Guru so much. He felt in love with that fish-woman. The woman wanted to marry with him and said that Batara Guru had to keep the secret which she had been a fish. Batara Guru agreed and promised that he would never tell anybody about it.
    They were married happily. They had two daughters. One day Batara Guru got very angry with his daughter. He could not control his mad. He shouted angrily and got the word of fish to his daughters. The daughters were crying. They found their mother and talked her about it.
    The mother was very annoyed. Batara Guru broke his promise. The mother was shouting angrily. Then the earth began to shake. Volcanoes started to erupt. The earth formed a very big hole. People believed that the big hole became a lake. Then this lake is known as Toba lake.


The Monkey and The Crocodile

    One day there was a monkey. He wanted to cross a river. There he saw a crocodile so he asked the crocodile to take him across the other side of the river. The crocodile agree and told the monkey to jump on its back. Then the crocodile swam down the river with the monkey on his top.
    Unluckily, the crocodile was very hungry, he stopped in the middle of the river and said to the monkey, “My father is very sick. He has to eat the heart of the monkey. So he will be healthy again.”
    At the time, the monkey was in dangerous situation and he had to think hard. Then he had a good idea. He told the crocodile to swim back to the river bank. “What’s for?” asked the crocodile. “Because I don’t bring my heart,” said the monkey. “I left it under a tree, near some coconuts in the river bank.”
The crocodile agreed and turned around. He swam back to the bank of the river. As soon as they reached the river bank, the monkey jumped off the crocodile’s back. Then he climbed up to the top of a tree.
    “Where is your heart?” asked the crocodile. “You are foolish,” said the monkey to the crocodile. “Now I am free and I have my heart.


The Smartest Parrot

    Once upon time, a man had a wonderful parrot. There was no other parrot like it. The parrot could say every word, except one word. The parrot would not say the name of the place where it was born. The name of the place was Catano.
    The man felt excited having the smartest parrot but he could not understand why the parrot would not say Catano. The man tried to teach the bird to say Catano however the bird kept not saying the word.
    At the first, the man was very nice to the bird but then he got very angry. “You stupid bird!” pointed the man to the parrot. “Why can’t you say the word? Say Catano! Or I will kill you” the man said angrily. Although he tried hard to teach, the parrot would not say it. Then the man got so angry and shouted to the bird over and over; “Say Catano or I’ll kill you”. The bird kept not to say the word of Catano.
    One day, after he had been trying so many times to make the bird say Catano, the man really got very angry. He could not bear it. He picked the parrot and threw it into the chicken house. There were four old chickens for next dinner “You are as stupid as the chickens. Just stay with them” Said the man angrily. Then he continued to humble; “You know, I will cut the chicken for my meal. Next it will be your turn, I will eat you too, stupid parrot”. After that he left the chicken house.
    The next day, the man came back to the chicken house. He opened the door and was very surprised. He could not believe what he saw at the chicken house. There were three death chickens on the floor. At the moment, the parrot was standing proudly and screaming at the last old chicken; “Say Catano or I’ll kill you”.



Rounders

TUGAS PROYEK
(BERMAIN ROUNDERS)
(DISUSUN SEBAGAI TUGAS INDIVIDU BIMBINGAN PJOK)





Di susun oleh :
Nama               : Via Oktantri
Kelas               : VIIIE
No.absen         : 27





SMP NEGERI 1 SALAMAN
Jl.Pangeran Diponegoro, Salaman, Kab.Magelang, Jawa Tengah, KP.56162
Telp.(0293)335206, e-mail : spenasal_mgl@yahoo.com


2015


Pengertian Rounders

    Para pemain mencetak gol dengan menjalankan sekitar empat basis di lapangan . Permainan ini populer di kalangan anak-anak sekolah di Inggris dan Irlandia.
Gameplay pusat sekitar beberapa babak, di mana tim alternatif di batting dan tangkas. Maksimal sembilan pemain yang diizinkan untuk lapangan setiap saat. Poin (dikenal sebagai ‘kasti’) dinilai oleh tim batting ketika salah satu pemain mereka melengkapi rangkaian empat basis masa lalu tanpa menem
patkan ‘keluar’.

Sejarah

    Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor, dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little mana ia disebut “dasar-bola” oleh. John Newbery Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi dicetak pertama dalam bahasa Inggris dari pemukul dan bola basis-menjalankan permainan yang dimainkan di berlian. Tahun berikutnya, buku itu diterbitkan di Boston, Massachusetts.
    Aturan nasional diresmikan pertama disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Di Inggris itu diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada 1943. Sementara dua asosiasi berbeda, mereka berbagi elemen semacam itu dari gameplay dan budaya. Kompetisi diadakan antara tim dari kedua tradisi, dengan permainan bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan di pagi hari dan yang lainnya di sore hari.
    Setelah aturan kasti yang diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Kedua ‘New York permainan’ dan sekarang sudah tidak berfungsi versi ‘Massachusetts permainan bisbol, serta softball, berbagi akar sejarah yang sama seperti kasti dan memiliki kemiripan dengan versi GAA dari permainan. Rounders terkait dengan bisbol Inggris, yang masih bermain di Liverpool, Cardiff dan Newport. Meskipun kasti dianggap lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘basis-bola’ di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

Teknik Bermain Rounders

Ada tiga teknik bermain rounders, yaitu : melempar, menangkap, dan memukul bola.
  • Teknik melempar bola
Dalam bermain rounders, pemain harus dapat menguasai teknik melempar bola dengan baik.
a) Melempar bola melambung, yaitu dengan gerakan sebagai berikut.
    1. Berdiri santai, satu tangan memegang bola,
    2. Posisi badan seorang ke arah sasaran lemparan,
    3. Mata memandang ke arah sasaran lemparan,
    4. Langkahkan satu kaki ke depan,
    5. Lempar bola dengan cara mengayunkan tangan dengan kuat ke depan melewati samping kepala,
    6. Lemparkan bola hingga melambung.
b) Melempar bola mendatar setinggi dada, yaitu dengan gerakan sebagai berikut. 
    1. Berdiri santai, satu tangan memegang bola,
    2. Posisi badan seorang ke arah sasaran lemparan,
    3. Mata memandang ke arah sasaran lemparan,
    4. Langkahkan satu kaki ke depan,
    5. Lempar bola dengan cara mengayunkan tangan dengan kuat ke depan melewati samping kepala,
    6. Lemparkan bola mendatar setinggi dada.
  • Teknik menangkap bola
Menangkap bola dapat dilakukan dengan kedua tangan atau satu tangan. Teknik menangkap bola disesuaikan dengan arah datangnya bola, seperti melambung, mendatar, atau menyusur tanah.
a) Menangkap bola melambung, yaitu dengan gerakan sebagai berikut.
    1. Badan berdiri tegak, langkahkan satu kaki ke depan,
    2. Letakkan kedua telapak tangan saling berhadapan, dengan kedua lengan lurus ke atas,
    3. Lihat arah datangnya bola,
    4. Berlarilah sesuai dengan gerakan bola,
    5. Tangkap bola.
b) Menangkap bola mendatar setinggi dada, yaitu dengan gerakan sebagai berikut.
    1. Badan berdiri tegak, langkahkan satu kaki ke depan,
    2. Letakkan kedua telapak tangan di depan dada saling berhadapan,
    3. Lihat arah datangnya bola,
    4. Ketika menangkap bola, kedua tangan ditarik ke arah dada.
c) Menangkap bola menyusur tanah, yaitu dengan gerakan sebagai berikut. 
  1. Langkahkan kaki kiri ke depan,
  2. Lutut kaki kiri ditekuk, lutut kaki kanan menempel di tanah,
  3. Kedua telapak tangan saling berhadapan dan berada di depan lutut kaki kanan,
  4. Lihat arah datangnya bola.
  5. Ketika bola datang, tangkap bola tersebut.
  6. D. Teknik memukul bola.
  • Teknik memukul bola 
a) Pukulan melambung, dengan gerakan sebagai berikut.
    1. Posisi kedua kaki terbuka,
    2. Salah satu tangan memegang kayu pemukul dan tangan yang lain meminta bola melambung,
    3. Kemudian pegang kayu pemukul dengan kedua tangan,
    4. Badan menghadap ke arah datangnya bola, tangan yang memegang tongkat berada di arah yang berlawanan dengan posisi badan,
    5. Ketika bolanya datang pukul bola sekuat-kuatnya,
    6. Hasil pukulan diharapkan dapat melambung juga.
b) Pukulan mendatar, dengan gerakan sebagai berikut.
    1. Posisi kedua kaki terbuka,
    2. Salah satu tangan memegang kayu pemukul,
    3. Tangan yang lain meminta bola mendatar,
    4. Kemudian, pegang kayu pemukul dengan kedua tangan,
    5. Posisi badan menghadap ke arah datangnya bola, tangan yang memegang tongkat berada di arah yang berlawanan dengan posisi badan,
    6. Ketika bola datang pukul bola sekuat-kuatnya,
    7. Ayunan kayu pemukul secara mendatar agar setelah dipukul bola bergerak mendatar juga.

Bentuk Lapangan

Lapangan rounders berbentuk segi lima.
Keterangan : 
  1. Panjang sisi lapangan 15 m.
  2. Base atau tiang hinggap terdiri atas lima base dengan ukuran 40 cm x 40 cm. Tempat pelambung atau pitcher plate berukuran 40 cm x 80 cm.
  3. Kayu pemukul berukuran panjang maksimal 1 meter, garis tengah kayu pemukul 7 cm.

Aturan Permainan

  • Pemain
Ø Pelambung (Pitcher)
    1. Pitcher adalah pemain yang bertugas melempar bola kepada pemukul.
    2. Bola harus dilemparkan dengan kuat, cepat dan tepat berada di atas home base.
    3. Untuk mendapatkan lemparan bola yang keras dan cepat, pitcher harus melemparkan bola dengan ayunan penuh.
Ø Penangkap/penjaga (Catcher)
  1. Catcher adalah penangkap belakang yaitu salah seorang penjaga yang ditugaskan khusus menangkap bola di belakang home base.
Ø Pemukul (Batter)
    § Ketentuan bagi pemukul (batter) adalah sebagai berikut :
        a. Pemukul harus berlari jika :
      1. Hasil pukulan pertama strike (baik)
      2. Pukulan ketiga tidak kena tetapi wasit mengatakan strike (baik)
      3. Pelari waktu lari menuju base dihalang-halangi oleh penjaga, maka pemukul bebas menuju base yang telah ditentukan oleh wasit.
      4. Jika pitcher sudah empat kali melambungkan bola salah dan tidak dipukul, maka pemukul dipersilahkan melakukan free walk.
        b. Bola baik (strike) meskipun :
      1. Dipukul kena atau tidak kena oleh pemukul.
      2. Tidak dipukul oleh pemukul.
      3. Dipukul salah (out/keluar) oleh si pemukul.
        c. Bola diangkap mati jika :
      1. Bola hilang.
      2. Bola sudah dipegang oleh pitcher dan siap dilemparkan kepada pemukul.
      3. Bola out. Pada waktu bola mati, semua pelari tidak boleh meninggalkan base yang ditempati.
        d. Pelari dianggap mati jika :
    1. Pada waktu lari tidak menginjak base.
    2. Melewati pelari yang ada di depannya.
    3. Jika base yang dituju telah dibakar oleh penjaga.
    4. Mengganggu penjaga yang sedang menangkap bola.

Cara Mematikan Lawan

  • Cara mengetik yaitu dengan menyentuhkan bola ke tubuh pemain pemukul sebelum dia mencapai base.
  • Cara membakar yaitu dengan menginjakkan kaki pada base yang dituju pelari sambil memegang bola.
  • Cara Bermain
    1. Permainan rounders dimainkan oleh 2 regu, dimana tiap regu terdiri atas 12 pemain dengan 6 pemain cadangan.
    2. Sebelum permainan dimulai, dilakukan undian. Regu yang memenangkan undian berhak memilih menjadi regu pemukul atau regu jaga.
    3. Pemukul diberi kesempatan memukul sebanyak 3 kali, jika pukulan pertama atau kedua baik, ia harus lari menuju base.
    4. Urutan memukul sesuai dengan normor yang telah ditentukan.
    5. Pemukul di belakangnya tidak boleh mendahului pemukul di depannya.
    6. Setiap base hanya boleh diisi oleh satu pemain saja.
    7. Setiap regu pemukul berpindah base, regu jaga boleh mematikan. 

Cara Mendapatkan Angka

  • Setiap base yang dilewati pemain mendapat angka 1.
  • Jika dibakar atau terkena tik tidak mendapat nilai pada base itu.
  • Jika dapat kembali ke ruang tunggu dengan pukulan sendiri dan setiap base selamat maka akan mendapat angka 6.

Tugas Regu Penjaga

  • Menghalangi pemain regu pemukul yang berlari ke base atau ke tiang hinggap,
  • Melambungkan bola untuk regu pemukul,
  • Menghalangi pemain regu pemukul masuk ke home base.

Tugas Pelambung atau Pitcher

  • Tugas pelambung atau pitcher yaitu, melemparkan bola ke pemain yang akan memukul bola (batter). Pitcher terdiri atas pitcher plate dengan salah satu kaki.

Nilai

  • Pemain akan mendapat nilai 1 apabila berhasil melalui satu base meskipun tidak berhasil memukul bola dengan baik,
  • Pemain akan mendapat nilai 1 apabila masuk ke ruang bebas atau base ke lima tanpa membuat kesalahan atau dimatikan lawan.
  • Pemain mendapat nilai 6 apabila dapat memukul bola dengan baik dan berlari dari base pertama hingga kembali ke ruang bebas tanpa berhenti,
  • Regu jaga mendapat nilai 1 apabila berhasil menangkap bola.

Pergantian Tempat

Pemain dapat berganti tempat atau mengganti anggota regu dengan pemain baru, apabila
  • Regu pemukul telah enam kali melakukan kesalahan,
  • Regu pemukul tersentuh oleh regu penjaga,
  • Regu penjaga berhasil menangkap bola sebanyak lima kali hasil pukulan regu pemukul,
  • Kayu pemukul keluar dari garis pemukul dan membahayakan pemain regu penjaga.

Lamanya permainan

Lama permainan tiga Inning. Dimana inning berarti satu kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga.

Base

  • Tiap base hanya boleh ditempati satu pemain, apabila ada dua pemain maka pelari yang terdepan mendapat hukuman satu kali mati,
  • Pelari yang di belakang tidak boleh mendahului pelari yang di depannya.

Istilah dalam Rounders

  • Ball : Bola yang dilemparkan pelambung salah, yaitu bola tidak berada di atas tempat untuk memukul.
  • Strike : Bola yang dilemparkan pelambung benar, yaitu bola yang dilemparkan meluncur di atas tempat pemukul antara lutut dan bahu pemukul.
  • Out : Bola yang dipukul jatuh di luar garis batas pelari.
  • Base : Tempat hinggap bagi seorang pemukul atau pelari.
  • Pitcher : Pelambung, dari regu jaga.
  • Catcher : Penangkap bola/penjaga belakang dari regu jaga.
  • Home Base : Base tempat memukul bola.
  • Mengetik : Mematikan lawan dengan cara menyentuh bola.
  • Membakar : Mematikan lawan dengan memegang bola sebelum pemain sampai di base.